Senin, 27 Agustus 2018

Beauty Talk: Jenis-Jenis Pelembab Untuk Kulit Tubuh



Selamat siang semuanya! ^^

Apakah disini ada yang menggemari body lotion? Atau pengguna setia body oil? Terus body butter itu apa sih? Yang jelas sih nggak sama dengan mentega yang biasa dioles ke roti ya. Aduh, kenapa sih jenis pelembab tubuh itu ada banyak banget? Beli semua aja kalo gitu. Pilih yang mana ya?

Sebenernya semua produk pelembab itu tujuannya sama kok, yaitu menjaga kelembaban kulit. Selain menjaga kelembaban, ada juga yang punya fungsi lainnya, seperti sunscreen, anti-aging, whitening, dan lain-lain. Sama seperti moisturizer untuk wajah yang punya berbagai macam tekstur dan kegunaan, pelembab tubuh juga punya berbagai tekstur dan setiap produk punya kegunaannya masing-masing. Diantaranya adalah:

Body Lotion
Kalo pelembab jenis ini pasti semua orang tau ya. Soalnya memang yang paling banyak ada di pasaran, dan teksturnya berbeda-beda tergantung brand dan variannya. Satu brand bisa ngeluarin berbagai jenis lotion dengan kegunaan yang berbeda pula. Ciri khasnya, dia itu teksturnya lebih ringan dan cair, water-based (tapi ada juga body lotion yang mengandung minyak alami) dan mudah meresap di kulit. Umumnya cocok untuk kulit normal dan berminyak, karena buat kulit sangat kering ya kurang melembabkan. Tapi sekarang perkembangan teknologi sudah sangat maju. Jadi juga udah banyak kok lotion yang diformulasikan khusus untuk kulit kering dan sangat kering.


Review Marina UV White Healthy & Glow di sini

Body Serum
Bukan cuma kulit muka yang punya serum, kulit badan juga punya dong. Sebenernya menurut saya pribadi sih nggak ada perbedaan mencolok antara tekstur body lotion dan body serum. Perbedaannya ada di formula kimiawi di dalamnya dan juga cara kerjanya. Kalau cara kerja body lotion menghidrasi kulit dan membuat lapisan pelindung di permukaan kulit, si body serum ini memiliki kandungan yang sanggup meresap sampai ke dalam kulit dan memperbaikinya dari dalam. Biasanya body serum formulanya lebih rich, karena dia merupakan pelembab tubuh yang diperkaya dengan konsentrat serum di dalamnya.


Review Nivea Extra White Night Nourish Body Serum di sini
Review Mu Touch Body Serum Spray di sini

Body Cream
Menurut saya  body cream itu teksturnya ditengah-tengah antara body lotion dan body butter. Dia nggak secair body lotion, tapi ngga sekental body butter yang sampai susah dibaur gitu. Menurut saya masih mudah meresap kok ke kulit. Biasanya tersedia dalam kemasan jar atau tube, soalnya kalau dalam kemasan botol kayaknya kurang praktis ya. Karena body cream teksturnya lebih kental daripada body lotion. Umumnya produk ini diformulasikan untuk kulit normal dan kering.



Body Butter
Ini dia biangnya pelembab, penyelamat kulit kering dan sangat kering. Sesuai namanya, teksturnya kayak mentega. Karena oil-based, teksturnya jadi sangat rich dan sulit dibaur. Biasanya dikemas dalam jar, tapi ada juga kok yang dalam kemasan tube. Sekarang sangat mudah menemukan berbagai brand body butter di pasaran. Karena sangat lembab, menurut saya kurang cocok untuk aktivitas outdoor. Bakal lengket dan sumuk banget deh! Tapi buat kalian yang sering berada di ruangan ber-AC sangat disarankan. Saya pribadi menggunakan body butter hanya di malam hari saat sebelum tidur. Dan tipe pelembab ini menurut saya merupakan yang paling lama meresapnya, jadi nggak enak dipake saat lagi terburu-buru.


Review Original Source Body Butter Coconut & Shea Butter di sini
Review Herborist Body Butter Zaitun di sini

Body Oil
Kalo ini minyak buat goreng ikan. Nggak deng. Sesuai namanya, teksturnya ya minyak.  Lengket dong? Berminyak dong? Ih, nggak enak banget sih... Well, buang jauh-jauh pikiran seperti itu karena kalo cara pakainya bener, malah nagih loh pake beginian. Pengalaman pribadi nih :p jadi kalau mau pakai, harus di kulit basah ya. Supaya lebih mudah dibaur dan meresap, hemat pula, beberapa tetes aja cukup buat seluruh tubuh >.< Biasanya dikemas dalam botol, baik itu botol bertutup flip top, ulir, ataupun spray. Cocok untuk semua jenis kulit kalo menurut saya sih. Kekurangannya ya harus dipakai dengan keadaan kulit basah dan agak lama meresapnya. Biasanya saya pakai kalau lagi senggang atau sebelum tidur.



Body Sorbet
Ini jenis pelembab tubuh yang paling baru kalo gak salah. Jadi kalo salah maap ya. Sorbet itu dessert seger yang terbuat dari buah-buahan beku lalu diblender. Kebayang gak segernya? Udah ngiler belum? Dari semua jenis pelembab, menurut saya body sorbet ini adalah yang paling ringan. Umumnya memiliki tekstur gel yang sangat mudah menyerap dan memberikan sensasi menyegarkan di kulit, bagaikan habis makan (atau minum?? Sorbet itu dimakan atau diminum sih sebenernya??) sorbet buah. Karena sangat ringan, pelembab jenis ini sangat nyaman dipake di siang hari, apalagi kalo lagi panas-panasnya. Rasanya nyeeesss di kulit. Adeeem tanpa rasa lengket. Kekurangannya, dia kurang lembab buat kulit kering dan sangat kering. Lebih cocok untuk kulit berminyak dan normal.


Review Zoya Body Sorbet di sini

Apapun jenis pelembab yang kalian pilih, pastikan mengaplikasikannya di kulit bersih ya. Dan pelembab jenis apapun akan bekerja lebih baik jika digunakan saat kulit lembab atau setengah basah. Penyerapannya akan jauh lebih baik. Saya biasanya menyemprot kulit dengan air sebelum menggunakan pelembab wajah dan tubuh. Kalau lagi pakai body oil malah nggak handukan setelah mandi, basah-basah gitu saya aplikasikan produknya. 

Nah, itu dia jenis-jenis pelembab kulit, sejauh pengetahuan saya. Jadi, kalau kalian lebih cocok pakai produk yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review: Scarlett Whitening Brightly Ever After Day & Night Cream

 Hai, semuanya! Kali ini saya mau mereview day cream dan night cream yang lagi saya suka banget akhir-akhir ini.