Jumat, 12 Oktober 2018

Review: Marina UV White Extra SPF 15 & SPF 30


Selamat siang semuanya!

Siang ini Jakarta agak mendung ya. Padahal tadi pagi puanaaas banget. Tapi meskipun cuaca mendung, jangan lupa pake hand and body lotion yang mengandung sunscreen ya! Mendung bukan berarti sinar mataharinya istirahat lho! Memang mengurangi panas terik matahari dan resiko kulit terbakar, tapi bukan berarti bisa melupakan perlindungan terhadap sinar matahari. Sinar UV tetap mengintai, lho!


Salah satu lotion ber-SPF favorit saya adalah Marina UV White Extra SPF 15 dan SPF 30. Saya nggak ngitung udah berapa kali repurchase!  Sebenernya sih kenapa saya awalnya memilih produk ini, ya karena harganya. Wueheheheheh... Produk dari brand ini harganya ramah di kantong semua :p

Tepatnya yang selalu saya repurchase sih yang SPF 15. Cuma waktu belanja bulanan, sekalian saya ambil yang SPF 30 mumpung diskon. Buat bikin perbandingan aja.

Dulu yaaaa.. Susaaaah banget nyari hand and body lotion ber-SPF di pasaran. Sekalinya ada, harganya nggak santai atau harganya cukup oke tapi teksturnya nggak enak dipake. Gerah, sumuk, pliket, lengkeeet...Akhirnya saya sempet kapok sama sunscreen. Sempet ogaaah banget pake lotion apapun yang ada SPF-nya. Akhirnya ya sekarang di kulit saya ada beberapa bintik matahari, terutama di muka. Nyesel sih nyesel ya.. Tapi waktu nggak bisa terulang kan. Jadi dengan bangga saya bisa bilang kalo dua tahun terakhir ini saya hampir nggak pernah keluar rumah tanpa lotion ber-SPF. Malah, bisa dibilang sekarang saya agak terobsesi sama produk ber-SPF hehehe.

Apalagi sinar matahari akhir-akhir ini tuh nggak santai banget! Saya gampang banget terbakar matahari akhir-akhir ini. Kayaknya waktu saya kecil, kulit saya nggak pernah kebakar meskipun tengah hari bolong lari-lari di lapangan. Tapi ya dulu kerusakan ozon belum separah sekarang sih. Sekarang saya kalo terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa lotion ber-SPF tuh kulit jadi merah-merah kayak kepiting rebus. Lalu jadi sensitif dan sakit banget kalo dipegang. Itu kulit badan ya. Kalo kulit muka ditambah bonus jerawat meradang dan jerawat batu keluar semua. Bukan cuma nggak enak diliat, tapi juga sakit rasanya, mak! Panas dan cenat cenut perih gitu. Dan perihnya itu bisa tahan selama seminggu :(




Desain botol produk ini meliuk seksi, khas Marina UV White. Pas banget di genggaman. Nggak kegedean dan nggak kekecilan. Kemasannya ini juga aman banget buat dibawa-bawa. Karena terbuat dari plastik kokoh dan tutup botol flip top yang berbunyi "klik" saat ditutup. Nggak takut tumpah kemana-mana deh di dalam tas. Buat yang SPF 15 tutupnya silver, sedangkan yang SPF 30 tutupnya gold. Di bagian depan sama-sama ada stiker dengan warna oranye. Warnanya seger deh. Dua-duanya warnanya cakep menurut saya. Buat yang SPF 15, gambarnya kapsul vitamin, yoghurt dan bunga matahari. Sementara yang SPF 30 nggak ada gambar bunga matahari, tapi ada gambar buah acai berry.
Keduanya punya tekstur lotion warna putih. Sebenernya kalo dibandingin sama lotion Marina yang lain, misalnya Marina UV White Healthy & Glow yang pernah saya review di sini, tekstur kedua produk ini tuh kental banget. Keduanya lebih kental, lebih butuh perjuangan buat dibaurkan ke kulit, dan lebih tahan lama aromanya.


Buat saya pribadi sih saya lebih suka tekstur SPF 15. Soalnya meskipun agak kental, tapi masih enak dibaurkan dan lebih cepat menyerapnya. Kalau SPF 30 buat ukuran lotion tuh kental bangeeet. Agak susah dibaur dan lama menyerapnya di kulit. Saya agak tersiksa kalo pake SPF 30 saat panas terik. Rasanya sumuk banget. Lengket. Pliket. Udah menyerapnya lama, saat saya keringetan jadinya lengket di balik baju. Pokoknya nggak banget :(

Emang siiih, yang SPF 30 itu juga mengandung PA++ sementara yang SPF 15 cuma PA+. Yang artinya, dia bisa menahan bukan cuma UV A tapi juga UV B dengan lebih baik. Tapiiii.. Teksturnya saya nggak demen, dan saya nggak bisa maksain diri buat demen sama dia :(

Buat aromanya juga agak berbeda. SPF 15 aromanya lebih ringan (meskipun agak lebih kuat daripada lotion Marina UV White lainnya) dan tahan sekitar sejam di kulit saya. Kalo SPF 30 aromanya lebih kenceng, tapi seger. Aroma SPF 30 tahan lebih lama di kulit saya daripada SPF 15. Keduanya kayak aroma soapy floral. Makanya kalo lagi pake kedua lotion ini saya nggak pakai parfum lagi. karena sebenarnya keduanya tuh aromanya nempel-nempel ke baju. Jadi saat aromanya hilang dari kulit saya, baju saya tetep wangi. Kalo saya pake parfum lagi, takut nanti orang mabok saat saat saya lewat..

Buat efek whitening-nya.. Bukan memutihkan ya, tepatnya mencerahkan dan memang membantu banget mengatasi kulit belang. Buat masalah ini sih indikator saya bekas luka garukan aja. Soalnya saya darah manis dan langganan luka karena bekas garukan gara-gara digigit nyamuk atau dicakar meong. Selain itu saya juga sering pakai kaos atau kemeja lengan pendek, jadi bagian tangan dan lengan saya memang jauh lebih gelap daripada kulit badan. Saat menggunakan Marina UV White secara teratur (semua tipe pernah saya cobain) memang bekas luka memudar dan belang di kulit juga ikut memudar.

Di kulit saya efeknya mirip-mirip produk dari brand sebelah ya. Nivea maksudnya, saya juga sudah beberapa kali review whitening body lotion-nya di sini dan di sini. Kurang lebih sama efeknya buat mengatasi kulit belang dan bekas luka. Ya produk ini kan memang bukan tone up cream yang bisa membuat kulit terlihat lebih putih dan cerah secara instan.

Menurut saya, buat harga sekitar lima belas ribuan (sebenernya beda harganya tipiiis banget, cuma seribu atau dua ribu gitu, saya lupa tepatnya berapa)  kedua produk ini udah oke banget. Udah dapat lotion seukuran 200 ml dengan ekstra SPF 15 atau SPF 30. Malah ada juga ukuran kecilnya yaitu 100 ml, tapi saya nggak tau harganya berapa. Harusnya sih nggak sampe 10 ribu ya. Menurut saya sih mereka lotion ber-SPF termurah yang bisa ditemukan di supermarket. So, nggak ada alasan untuk nggak menggunakan sunscreen kan ^^

Kalau kalian, lotion apa yang biasa kalian pakai di saat panas terik?

2 komentar:

Review: Scarlett Whitening Brightly Ever After Day & Night Cream

 Hai, semuanya! Kali ini saya mau mereview day cream dan night cream yang lagi saya suka banget akhir-akhir ini.