Kamis, 15 Agustus 2019

Sebenernya Perlu Nggak Sih Bawa Skin Care Ke Sekolah?


Sebagai mantan anak sekolah jelas dong saya pernah bawa peralatan kecantikan ke sekolah. Setiap hari malah. Iya, saya pernah sekolah. Saya juga pernah menggunakan seragam putih abu-abu. Sekitar lima belas tahun lalu :P


Foto dok Google

Akhir-akhir ini lagi rame pembicaraan tentang razia kosmetik yang dilakukan OSIS di suatu sekolah. Banyak orang yang kaget dengan hal ini. Saya sendiri juga kaget pas pertama kali tau. Kok bisa sih???

Yah, nggak bisa dipungkiri sih banyak paradigma jelek tentang cewek cantik seneng dandan. Dibilang kecentilan lah. Genit lah. Hobi belanja, suka buang-buang duit lah. Atau yang terparah, cewek yang suka dandan itu bego. Otaknya kosong. Taunya dandan doang.

Apakah benar begitu?


Hey, look at me!!!

Saya waktu SMA selalu meraih ranking 3 besar di kelas, lho. Meskipun nggak alim-alim amat, tapi saya termasuk anak pinter. Cieeeh, muji diri sendiri. Nggak apa-apa ya sekali-sekali hehehe. Dan sekarang saya seorang penerjemah bahasa Inggris-Indonesia. Dasar kutu buku. Dari abg hobi baca buku, gedenya jadi guru (saya dulu pernah mengajar di SMA) dan penerjemah. 

Apakah ada penerjemah yang bego? Ada guru yang bego? Kalo bego, ya jangan jadi guru. Kalau bego, saya nggak bakalan bisa jadi penerjemah kan?


Ngedongeng sedikit, waktu SMA saya cuek sama penampilan. Dulu saya jarang pakai lotion, cuma sekali-kali waktu ingat. Kalau moisturizer dan bedak, saya baru pake pas kelas 3 SMA. Itupun karena sadar diri kulit saya ancur, jadi saya mulai berusaha merawat diri pakai pelembab dan bedak. Body mist sih pasti saya pake, nggak pernah absen karena saya emang suka sama wewangian. 

Sebenernya saya baru merawat kulit di usia 20an, malah baru teratur pake sunscreen saat usia 30. Dan itupun menurut saya udah terlambat. Soalnya saat umur awal 20an sudah mengalami bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari langsung. Saya dulu ikut ekskul paskibra yang bikin saya terekspos sinar matahari langsung saat lagi terik-teriknya. Sumpah saya nyesel nggak pernah pake sunscreen saat SMA. Di usia muda kulit saya terlihat tua, kusam dan berbintik hitam. Padahal masih muda :(


I have to say, di usia kepala tiga ini kulit saya justru lebih bagus daripada waktu saya SMA. Soalnya saya dulu nggak pernah merawat kulit! Waktu SMA kulit muka saya kusam, berminyak dan panen jerawat. Kulit badan saya kering dan pecah-pecah, saya nggak peduli sama sekali. Apalagi saya sekolah jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Kalau latihan paskibra bisa sampai rumah menjelang magrib karena pulang sekolah aja sekitar jam 5an.

Terus selama di sekolah dari jam 7 sampai jam 3 (atau bahkan jam 5) saya nggak sisiran, cuci muka, atau bedakan? Ya nggak mungkin lah!

Saya tuh kalo sekolah pasti bawa sisir, lip balm, dan bedak. Kalau pas ada pelajaran olah raga atau pas latihan paskibra, pasti bawa sabun cuci muka juga. Dulu mah moisturizer sering skip dan belum kenalan sama sunscreen, hehehe. Oh iyaaa sama bawa body mist atau edt. Pokoknya pewangi badan!


Ini penting bagi saya, sebagai anak cewek pasti mau keliatan rapi. Percuma baju bersih dan disetrika rapi tapi rambut awut-awutan. Apalagi abis pelajaran olah raga. Mau gitu abis olah raga (atau latihan paskibra) rambut awut-awutan, muka kucel, dan bau badan? 

IDIH!!!!!!!!! Ngebayanginnya aja saya jijik sendiri --"

Apalagi, yang anak paskib pasti tau, waktu latihan paskibra itu dituntut berpenampilan rapi, lho. Rambut diikat rapi (bagi yang rambutnya panjang), baju, sepatu dan kaos kaki rapi dan bersih. Senyum mengembang meskipun lagi diomelin senior atau dijemur di tengah lapangan. Keep smiiiiiileeeee. Pokoknya sampe keliatan kucel atau lusuh, wah selamat ya. Dijamin diomelin abis-abisan sama kakak senior. Cantik itu relatif. Yang penting penampilan rapi, bersih, dan enak diliat.

Tentu aja saya jadi bau matahari. Solusinya? Ya body mist dong! Kalo lagi makmur, abis sukses ngumpulin duit jajan, saya bisa sok kaya pakai edt. Nah pewangi badan ini yang saya andalkan buat mengatasi bau matahari plus keringat. Lha wong pernah lho sekelas diomelin guru gara-gara kelas bau apek setelah mata pelajaran olah raga. Saya ingat guru saya bilang begini:

"Idih! Kalian kan bukan kambing! Abis olah raga tuh ganti baju, keringatnya dilap, terus pake parfum! Kok kelas bisa sampe bau gini sih!"


Jadi bagi saya pribadi sih aneh banget kalau sampe sisir dan pewangi badan itu dilarang dibawa kesekolah. Memang di sekolahnya nggak punya mata pelajaran olah raga atau ekskul yang bikin siswa-siswinya beraktivitas di luar ruangan gitu? Kayak ekskul paskibra, voli, basket, karate, tae kwon do? Saya rasa nggak mungkin deh di dalam sekolah itu sama sekali nggak ada kegiatan di luar ruangan.

Saya setuju kalo ke sekolah itu penampilan nggak usah berlebihan. Nggak perlulah pake foundie, eyeshadow, blush on, lipstik. Apalagi countour and highlight. Situ mau menuntut ilmu atau nyanyi dangdut? Tapi buat produk perawatan pribadi, saya rasa itu wajar-wajar aja. Perlu malah. PRODUK PERAWATAN LHO. BUKAN MAKEUP.


Misalnya nih, salah satu penyesalan terbesar saya adalah baru menggunakan sunscreen secara teratur saat usia 30an. Jadi bagi kalian yang di usia remaja udah pake sunscreen, bagus! Kalian luar biasa. Lanjutkan! Jangan sampe kayak saya yang udah bermasalah kulitnya baru perawatan. Seandainya saya tau sinar matahari jahat bagi kulit, saya pasti nggak akan beraktivitas di siang bolong tanpa proteksi apapun. Saya yakin di kalangan teman-teman pembaca pasti ada yang hobi renang, basket, karate, atau kegiatan luar ruangan lain. Atau kerjanya di lapangan. Jangan lupa pake sunscreen ya.

Saya juga waktu sekolah selalu pake lip balm. Soalnya kulit bibir saya dari dulu keriiiing banget. Saya udah pake lip balm sejak SMP. Awalnya dikasih sama almarhumah kakak saya. Kasian dia liat saya, cewek kok kucel amat. Bibir pecah-pecah. Kayak nggak terawat gitu. So, lip balm is a must!

Selain itu sisir juga perlu. I mean, seriously you have to ask? Kalo bedak jelas perlu lah! Usia remaja itu produksi minyak lagi banyak-banyaknya karena ledakan hormon. Tentu aja bedak menjaga penampilan tetap rapi. Biar itu muka nggak disangka wajan habis goreng telur. Body mist jelassss penting, seperti yang udah saya sebut di atas. Lotion juga perlu, terutama buat yang kulitnya kering atau ruang kelasnya ber-AC. Serius deh kulit kering itu menyiksa banget!

Foto dokumentasi Google

So, bagi saya bukan masalah razianya. Tapi mbok ya yang ngerazia itu tau mana barang yang butuh dan mana yang nggak butuh. Razia-lah barang yang berlebihan. Misalnya si murid ke sekolah dengan riasan smokey eyes dan pas jam pelajaran dia touch up, ya silakan disita eyeshadow palette-nya. Tapi kalo cuma sisir mah buat apa di ambil?

Kalo masalah siswi jadi lama ke toilet saat jam pelajaran karena dandan, ya berilah dia pengertian. Atau kasih bobot poin, kalau telat masuk kelas kena poin. Saya juga pernah jadi guru. Saya tau banget ngadepin anak SMA itu amit-amit susahnya, makanya saya banting stir cari pekerjaan lain hahahahha. But still, sebagai pengganti orang tua, guru harus bisa mendidik anak muridnya sebaik mungkin. Bukannya bertangan besi.

Foto dokumentasi Google

Ada juga yang bilang kalau kasus ini adalah ulah kakak OSIS reseh. Yah, kakak-kakak OSIS, selamat ya kalian jadi nggak dipercaya lagi. Padahal anak OSIS itu kan termasuk anak yang merupakan perwakilan sekolah ya. Tentu aja seharusnya kalian dipercaya satu sekolah. Bukan dibenci satu sekolah. Solusinya, ya yang kayak saya sebut diatas. Tau mana barang yang perlu dan mana yang nggak perlu. Jangan semua diambil. Semua dirazia. Nggak pake otak maupun pake perasaan itu mah namanya. Padahal jadi anak OSIS setau saya nggak gampang lho. Di sekolah saya dulu ada minimal jumlah nilai yang harus dipenuhi kalau mau jadi anggota OSIS. Jadi saya tau anak OSIS itu otaknya cukup encer. Please be smart, okay?

Yah, itulah opini saya mengenai kasus razia kosmetik di sekolah. Sekedar sharing tentang apa pendapat saya sekaligus berbagi cerita sedikit seperti apa sih saya waktu zaman sekolah dulu. Semoga masalah ini ditangani dengan bijak dan nggak terulang kejadian yang sama lagi di masa mendatang.

1 komentar:

Review: Scarlett Whitening Brightly Ever After Day & Night Cream

 Hai, semuanya! Kali ini saya mau mereview day cream dan night cream yang lagi saya suka banget akhir-akhir ini.